Selasa, 28 April 2015

Cara Mejaga Kesehatan Otak

Diposting oleh Christina dasilia di 18.38

1. Perhatikan Apa yang Anda Makan & Minum

Kabar baiknya, makanan yang baik untuk jantung dan organ lainnya juga baik untuk otak. Ini berlaku juga pada apa yang anda minum. Otak terdiri dari 75% air, dan oleh karena itu otak harus tetap terhidrasi dengan baik. Jadi, perbanyak minum air dan hindari minuman yang merusak fungsi otak, misalnya alkohol. Anda juga bisa memasukkan tambahan asupan berupa ikan dalam diet anda atau konsumsi suplemen asam lemak omega-3 karena mampu meningkatkan sirkulasi darah ke otak, merangsang pertumbuhan neuron baru, dan meningkatkan level dopamin neurokimia, zat yang memberikan efek “rasa senang”.

2. Pastikan untuk terus Berolahraga

Sebagaimana olahraga bisa meningkatkan kesehatan tubuh, olahraga juga bisa meningkatkan kesehatan otak. Selain meningkatkan kadar oksigen didalam darah, latihan aerobik secara rutin bisa meningkatkan kapasitas otak dengan cara mendukung pertumbuhan neuron baru dan memperkuat hubungan antar neuron tersebut.

3. Latih Otak Anda juga

Konsep yang berlaku pada otak sama dengan yang berlaku pada otot: gunakan atau hilang. Untuk menjaga otak berfungsi dengan baik seiringan dengan tubuh anda yang semakin tua, anda harus terus memberikan tantangan pada otak. Penelitian menunjukkan bahwa cara terbaik untuk memberikan tantangan tersebut adalah dengan terus-menerus mempelajari hal baru serta melakukan rutinitas dengan cara yang berbeda atau baru. Pelajari bahasa lain yang belum anda kuasai. Paksa diri anda untuk mengambil atau mencari rute baru menuju tempat kerja. Ubah pola-pola kebiasaan menggunakan tangan kanan dengan sesekali menggantinya dengan tangan kiri, misalnya saat menyikat gigi.

4. Perhatikan Berat Badan Anda

Obesitas dan kelebihan berat badan adalah wabah dunia sekarang. Dalam berbagai penelitian, keduanya dengan sangat meyakinkan memiliki kaitan erat dengan menurunnya fungsi otak dan perkembangan penyakit Alzheimer. Secara gampangnya begini, saat anda memiliki kelebihan berat badan maka anda kehilangan sejumlah neuron.

5. Perhatikan Kebiasaan Tidur Anda

Otak melakukan proses penting seperti pembuangan limbah dan proses detoksifikasi (pembuangan racun dalam tubuh) pada saat tidur. Jika anda kurang tidur, berarti anda menyakiti otak anda. Penelitian telah menunjukkan bahwa gangguan tidur seperti insomnia dan apnea tidur berhubungan dengan penurunan tingkat kefokusan (kemampuan untuk berkonsentrasi) dan kewaspadaan mental.

6. Kesehatan Jantung sama dengan Kesehatan Otak

Otak bergantung pada oksigen. Asupan oksigen tersebut dipompa ke otak oleh jantung. Jadi, selalu perhatikan tekanan darah dan lakukan check-up kesehatan secara rutin untuk memastikan jantung anda tetap dalam kondisi baik. Beberapa penelitian membuktikan bahwa para lansia dengan kasus tekanan darah tinggi (hipertensi) memiliki resiko 5 kali lebih tinggi untuk mengalami kepikunan (demensia) Alzheimmer.

7. Meditasi

Sungguh. Sejumlah penelitian klinis secara mengejutkan menunjukkan bahwa meditasi dengan metode tertentu bisa mengubah struktur otak, menyebabkan pertumbuhan neuron baru, dan mengaktifkan area-area otak yang sebelumnya tidak digunakan. Meditasi tampaknya memiliki kemampuan untuk mendorong plastisitas otak, sebuah syarat penting yang memungkinkan otak terus berubah dan berkembang. Sebagai tambahan, meditasi juga membantu mengurangi stress dan menurunkan kadar hormon kortisol, hormon yang terbukti menekan pertumbuhan sel-sel syaraf baru dan koneksi-koneksinya.


0 komentar:

Posting Komentar

 

Christina Dasilia Copyright © 2010 Designed by Ipietoon Blogger Template Sponsored by Emocutez